3 Tips Mengatasi Sakit Punggung Ketika Hamil

644 views

Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Kehamilan memang tidak melulu soal kebahagiaan. Kehamilan juga berarti Anda harus siap menghadapi berbagai tantangan yang panjang dan juga melelahkan.

Namun, banyak para ibu yang merasa bahwa berbagai rasa sakit yang melelahkan ketika hamil ini cukup berharga. Toh berikutnya ia bisa menikmati bahagiannya menjadi seorang ibu dan bisa menimang si buah hati dengan bangga.

Salah satu hal yang paling banyak dikeluhkan oleh para ibu hamil adalah rasa sakit pada area punggung. Rasa sakit atau tidak nyaman yang terjadi di area punggung ini umumnya mulai bisa dirasakan ketika kehamilan memasuki usia trimester kedua.

Sakit punggung saat hamil paling umum terjadi di bagian sendi sakroiliaka, yang merupakan area bertemunya tulang panggul dengan tulang belakang. Rasa sakit akan semakin terasa ketika Anda, si ibu hamil, mencoba untuk membungkukkan badan ke arah depan.

Terkadang, sakit punggung juga menyebabkan kesulitan berjalan, mengangkat beban yang ringan sekalipun, membuka dan memakai pakaian, bangun dari tempat tidur, atau berdiri setelah dari posisi duduk. Hmm, pasti sungguh merepotkan bukan. Tapi Anda tak perlu khawatir.

Ada bebarapa tips mengatasi sakit punggung saat hamil yang bisa Anda coba. Tips -tips ini mungkin dapat membantu Anda meringankan rasa sakit dan membantu Anda menikmati kehamilan dengan lebih baik.

1. Lakukan pijatan ringan

Pijatan yang dimaksud di sini bukanlah pijat hamil atau urut yang dilakukan oleh para tukang pijat ya. Tapi, Anda bisa mendapatkan pijatan yang ringan dan lembut di bagian punggung bawah serta otot -otot di seluruh punggung.

Pemijatan ini bisa dilakukan oleh pasangan Anda sendiri. Denganp ijatan ringan ini, maka rasa lelah, sakit otot dan nyeri punggung bisa terasa lebih ringan.

2. Lakukan Kompres punggung

Kompres punggung juga bisa membantu Anda meringankan rasa sakit di punggung Anda. Caranya mudah. Ambil handuk yang diisi dengan es batu. Lalu, gunakan untuk mengompres area punggung.

Lakukan selama 20 menit dan ulangi beberapa kali dalam satu hari. Setelah melakukan cara ini rutin dalam tiga hari, kemudian ganti dengan kompres air hangat.

Kompres air hangat bisa Anda lakukan dengan cara menempelkan botol yang diisi air panas. Bungkus dengan handuk, lalu gunakan untuk mengompres area punggung.

Kompres ini sebaiknya juga diulangi beberapa kali dalam sehari, masing -masing selama 20 menit. Namun, perlu diingat untuk tidak memberikan kompres hangat pada area perut.

3. Lakukan Olahraga Ringan Dan Rutin

Olahraga yang dilakukan secara rutin pada masa kehamilan juga bisa berdampak positif bagi kesehatan dan kebugaran Anda. Selain itu, rasa sakit punggung yang sering menyiksa pun juga akan lebih ringan. Dengan olahraga rutin, maka otot -otot punggung dapat lebih kuat dan fleksibel.

Ketika otot semakin kuat dan lentur, maka tekanan pada tulang belakang Anda yang terjadi akibat kehamilan akan berkurang. Artinya, rasa sakit di area punggung juga dapat lebih terasa ringan. Namun, olahraga yang baru dimulai pada masa kehamilan harus dilakukan dengan hati – hati.

Jangan lakukan olahraga yang terlalu berat dan berisiko. Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda pilih misalnya speda statis, jalan kaki, dan berenang. Anda juga bisa meregangkan otot perut dan pinggang dengan beberapa gerakan ringan.

Tapi, Anda perlu menghindari beberapa gerakan yang terlalu berisiko seperti memutar badan, dan mengangkat beban -beban yang berat, terutama dalam kondisi membungkuk.

Untuk bisa hamil, Anda harus dibantu oleh SESEORANG YANG AHLI. Tanpa bantuan seorang ahli, sulit untuk Anda berhasil dalam program hamil. Dokter Rosdiana Ramli, SpOG seorang dokter spesialis kandungan yang sudah menolong banyak suami istri mendapatkan momongan sejak 2011, info selengkapnya KLIK DISINI