4 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Tahu Kamu Hamil

1489 views

Hamil? Hmm, pasti kabar kehamilan ini akan jadi kabar yang begitu membahagiakan bagi Anda dan keluarga bukan? Tapi, meski ini adalah kabar gembira, banyak juga wanita yang merasa galau dan cemas ketika menghadapi kehamilan ini, terutama untuk kehamilan pertama.

Kehamilan memang akan menyebabkan banyak perubahan pada diri seorang calon ibu. Mulai dari perubahan fisik, perubahan hormon, bahkan sampai perubahan emosional dari si ibu.

Bukan rahasia lagi kalau hamil itu memang melelahkan. Rasa mual, muntah, kram, sampai kelelahan fisik sering mewarnai hari -hari para calon ibu ini.

Walau pun berat, banyak ibu yang rela untuk menikmatinya karena rasa lelah itu dibayarkan dengan rasa bahagian akan memiliki buah hati.

Ya, selama Anda bahagia dan melalui kehamilan ini dengan cara yang tepat, maka berbagai hal berat yang harus dihadapi selama masa kehamilan tentu bisa Anda hadapi dengan baik.

Kuncinya, Anda perlu melakukan berbagai persiapan yang tepat dalam menghadap kehamilan ini. Lantas, apa saja yang hal -hal yang harus disiapkan dan perlu dilakukan ketika menghadapi kehamilan?

Kenali gejala bahaya kehamilan

Anda perlu tahu bahwa kehamilan dapat saja mengalami masalah. Jika terdapat masalah pada si ibu atau pun bayi yang ada di dalam rahim, tentu hal ini akan cukup berbahaya. Karenanya, Anda perlu tahu seperti apa gejala atau tanda -tanda yang menunjukkan bahwa kehamilan Anda sedang bermasalah.

Masalah ini mungkin berupa pendarahan, kram ringan, dan lainnya. Jika Anda mendapati masalah pada kehamilan Anda, maka segeralah konsultasi ke dokter kandungan. Dengan begitu, langkah pencegahan dapat segera dilakukan.

Jaga kesehatan ibu dan bayi

Kesehatan ibu dan bayi adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Kesehatan ibu dan bayi yang baik akan membuat tumbuh kembang bayi yang ada di dalam rahim dapat maksimal. Selain itu, kesehatan yang terjaga juga akan memperlancar proses persalinan kelak.

Untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya di dalam rahim, pastikan Anda mengkonsumsi pola gizi seimbang dan sehat. Anda juga bisa memenuhi konsumsi asam folat dan vitamin B9 yang merupakan nutrisi penting untuk kehamilan. Selain itu, waktu istirahat dan olahraga ringan juga harus diperhatikan.

Kenali pertambangan berat badan yang normal

Berat badan ibu hamil tentu akan bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan. Pertambangan berat badan ini sebetulnya sudah ada patokan normalnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui berapa pertambahan berat badan normal bagi seorang ibu hamil yang disesuaikan dengan usia kandungannya.

Jika ternyata pertambahan berat badan ini tidak sesuai atau di bawah batas normal, maka Anda perlu segera konsultasi pada dokter. Yang jelas, Anda harus membuat pertambahan berat badan tubuh ideal untuk memastikan tumbuh kembang bayi yang sehat di dalam rahim.

Pilih dokter atau bidan dan lakukan kunjungan rutin

Setiap wanita hamil tentu memerlukan pendampingan dari dokter maupun bidan untuk memastikan bahwa kehamilannya lancar. Karenanya, begitu Anda tahu bahwa Anda hamil, segera pilih dokter atau bidan yang menurut Anda paling tepat bagi Anda.

Tentu saja Anda harus memilih dokter dengan pengalaman yang cukup, serta memiliki integritas yang baik. Memilih dokter sedini mungkin dan segera melakukan kontrol kandungan secara rutin akan lebih memastikan penjagaan kehamilan Anda.

Perawatan parental atau semasa kehamilan adalah hal yang sangat penting. Karenanya, Anda jelas tak boleh melewatkan langkah ini. Pendampingan yang tepat dari dokter atau bidan akan sangat membantu untuk mengawasi tumbuh kembang janin di dalam rahim Anda.

Untuk bisa hamil, Anda harus dibantu oleh SESEORANG YANG AHLI. Tanpa bantuan seorang ahli, sulit untuk Anda berhasil dalam program hamil. Dokter Rosdiana Ramli, SpOG seorang dokter spesialis kandungan yang sudah menolong banyak suami istri mendapatkan momongan sejak 2011, info selengkapnya KLIK DISINI


Leave a reply "4 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Tahu Kamu Hamil"

Author: 
    author