Ini Dia Fakta Ciri Hamil 1 Minggu yang Perlu Anda Tahu

1938 views

Fakta Tentang Ciri Hamil 1 Minggu
Ketika pasangan suami istri memutuskan untuk menikah, mereka biasanya juga sudah siap untuk membentuk keluarga kecil baru yang bahagia.

Nah, kebahagiaan ini tentunya akan lebih lengkap dengan hadirnya si buah hati yang lucu. Karenanya, ketika mendengar kabar istri telah hamil, maka tak heran kalau si suami dan seluruh keluarga besar akan senang.

Biasanya, pada kehamilan pertamanya, seorang wanita masih belum paham tentang bagaimana ciri hamil yang mungkin dialaminya. Ia bisa saja was -was dan semakin cemas menunggu kepastian yang menegaskan bahwa dirinya sedang hamil.

Bahkan, tak sedikit wanita yang sudah penasaran tentang ciri hamil 1 minggu dan mulai menganalisa dirinya sendiri.

Gejala awal kehamilan seringkali tampak samar. Gejala paling awal biasanya terjadi ketika wanita sudah mengalami telat haid. Jika benar hamil, maka gejala kehamilan akan semakin jelas setelah seorang wanita terlambat haid sekitar satu minggu.

Pada masa ini, biasanya usia kehamilan sudah menginjak empat minggu atau satu bulan. Setelah masa ini pula, para wanita biasanya akan mulai mengalami gejala awal kehamilan yang lebih jelas. Gejala awal kehamilan yang paling umum terlihat adalah munculnya bercak darah, kram perut, mual, dan muntah.

Ciri Hamil 1 Minggu

Kehamilan biasanya dialami selama 40 minggu setelah hari pertama haid terakhir atau HPHT. Pada minggu pertama, wanita masih belum dianggap benar – benar hamil.

Meski banyak wanita yang penasaran pada ciri hamil 1 minggu, tapi faktanya untuk menentukan ciri seorang ibu yang hamil 1 minggu memang sulit.

Suatu kehamilan baru benar -benar terjadi pada akhir minggu ke-2 atau awal minggu ke-3, tergantung pada ovulasi atau masa suburnya masing -masing.

Ketika ovulasi terjadi, maka ovarium akan melepaskan sel telur yang akan bergerak menuju ke arah tuba fallopi. Saat sel telur ini bertemu sperma di tuba fallopi, maka saat tersebutlah proses kehamilan dimulai.

Siklus ovulasi pada wanita berbeda -beda. Umumnya, siklus terjadi pada hari ke-13 sampai ke-20 setelah HPHT. Ovulasi ini juga bergantung pada lama siklus haid yang biasanya juga berbeda antara satu orang dengan orang lain.

Pola siklus menstruasi seorang wanita umumnya berlangsung selama 28 hari. Untuk memastikan siklus ini, Anda bisa mencatat tanggal menstruasi selama beberapa bulan, serta mengukur suhu tubuh.

Menjelang ovulasi, suhu tubuh akan meningkat. Selain itu, cairan vagina yang terlihat lebih licin dan jernih biasanya juga menandakan masa ovulasi. Jika ingin lebih jelas, Anda juga bisa menggunakan alat tes ovulasi melalui urine.

Gejala Awal Kehamilan

Ketika haid sudah terlambat, maka hal tersebut bisa menjadi petanda paling awal bahwa Anda sedang hamil. Pada beberapa minggu pertama setelah ovulasi, maka gejala awal kehamilan akan mulai jelas. Misalnya bagian payudara yang akan membengkak dan lebih sensitif serta terasa nyeri ketika disentuh.

Kemudian, setelah tiga minggu masa ovulasi, wanita hamil akan mengalami mual, yang terkadang diikuti dengan muntah. Mual ini bisa terjadi sepanjang hari, dan bukannya hanya pada pagi hari saja. Rasa mual ini muncul karena pengaruh hormon kehamilan.

Beberapa gejala awal kehamilan lain yang sering menyertai meliputi : lebih sering buang air kecil, merasa lelah, lebih sensitif terhadap aroma tertentu, serta mengalami ngidam atau keinginan mengonsumsi makanan tertentu. Pada beberapa wanita, perubahan hormol masa kehamilan juga memicu sakit kepala, sembelit juga kembung.

Untuk bisa hamil, Anda harus dibantu oleh SESEORANG YANG AHLI. Tanpa bantuan seorang ahli, sulit untuk Anda berhasil dalam program hamil. Dokter Rosdiana Ramli, SpOG seorang dokter spesialis kandungan yang sudah menolong banyak suami istri mendapatkan momongan sejak 2011, info selengkapnya KLIK DISINI


Leave a reply "Ini Dia Fakta Ciri Hamil 1 Minggu yang Perlu Anda Tahu"

Author: 
    author