Kamu Hamil dan Mengidap Asma, ini 3 Hal yang Patut Diperhatikan

457 views

Kamu Yang Hamil Dan Mengidap Asma, Perhatikan Hal Penting Ini

Tahukah Anda, kalau bagi seorang ibu yang hamil, asma adalah masalah kesehatan yang cukup mengganggu? Masalah asma pada ibu hamil ini terbilang sering terjadi.

Apalagi, masalah asma ini dapat muncul pada ibu hamil yang sebelumnya memang telah memiliki riwayat penyakit asma, dan dapat pula dialami oleh ibu hamil yang tidak punya riwayat asma sekalipun.

Walau pun cukup mengganggu dan patat dicemaskan, tapi Anda tidak perlu terlalu khawatir ketika harus menghadapi asma pada masa kehamilan.

Pasalnya, asma yang terjadi pada ibu hamil tidak selalu berbahaya pada Anda dan pada bayi di dalam rahim Anda. Namun, tentu saja agar tidak menjadi berbahaya, Anda harus mampu melakukan kontrol asma ini baik.

Gejala asma

Anda tentu harus tahu apakah Anda menderita asma atau tidak. Terkadang, ada juga penderita asma yang tidak menyadari bahwa ia mengalami masalah kesehatan ini.

Secara umum, manusia mempunyai saluran udara yang berbentuk seperti tabung kecil. Dari saluran udara inilah, udara di bawa dari dan ke paru -paru.

Pada penderita asma, tabung ini lebih sensitif sehingga lebih mudah mengalami iritasi dan bengkak. Ketika terjadi iritas, saluran napas akan semakin sempit dan menyebabkan peningkatan produksi lendir serta dahak.

Jika hal ini terjadi, maka bernapas jadi sulit karena udara tidak bisa lewat keluar masuk ke paru -paru dnegan bebas.

Gejala -gejala asma sebetulnya cukup mudah dikenali. Yakni batuk, mengi serta dada yang terasa sesak seperti diikat kencang. Jika Anda mengalami gejala asma seperti ini, sebaiknya Anda tidak mengabaikannya begitu saja.

Jika asma tidak dikontrol dengan baik, maka akan berdampak negatif bagi Anda, termasuk janin Anda ketika mengandung.

Hal yang perlu diperhatikan ibu hamil saat asma

Bagi Anda ibu hamil yang menderitas masalah pernapasan seperti asma, Anda perlu menaruh perhatian ekstra untuk kesehatan Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan untuk mengontrol kesehatan Anda.

1. Hindari pemicu asma

Sebagia penderita asma, Anda tentu apa saja hal -hal yang bisa memicu kambuhnya penyakit asma ini. Pastikan Anda menghindari segala pemicu asma, seperti asap, debu, asap rokok dan pemicu lainnya.

Bagi Anda yang juga menderita penyakit refluks asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease – GERD), maka pastikan Anda juga mengontrol penyakit ini dengan baik. Ini lantaran GERD juga dapat memperburuk penyakit asma.

2. Konsumsi obat sesuai anjuran dokter

Jika Anda hendak minum obat untuk mengatasi atau pun mengurangi gejala asma yang muncul, pastikan Anda mengkonsumsinya sesuai anjuran dokter. Jangan sekali -sekali minum obat sembarangan. Ingat, beberapa obat mungkin dapat membahayakan janin dalam kandungan Anda.

Tapi, jika Anda meminum obat sesuai anjuran dokter, maka asma Anda bisa terkontrol dan janin Anda pun tetap aman. Obat asma ini tetap perlu diminum selama masa kehamilan.

Akan lebih baik mengontrol asma agar tidak kambuh menggunakan obat, daripada asma Anda kambuh. Bila asma sudah kambuh, maka akan berakibat buruk pada bayi.

3. Rutin menjalani medical check-up

Medical chek up memang harus rutin dilakukan aga Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi dan fungsi paru -paru. Check up untuk asma perlu dilakukan sebulan sekali. Selain check up untuk asma, Anda juga perlu memantau gerakan janin setiap hari, terutama jika usia janin sudah lebih dari 28 minggu.

Untuk memantau kondisi janin setiap hari, coba perhatikan dan rasakan gerakan janin. Namun, ketika kondisi asma tidak terkontrol, Anda perlu memanjau kondisi janin secara rutin melalui USG. Pastikan, janin Anda senantiasa pada kondisi sehat.

Untuk bisa hamil, Anda harus dibantu oleh SESEORANG YANG AHLI. Tanpa bantuan seorang ahli, sulit untuk Anda berhasil dalam program hamil. Dokter Rosdiana Ramli, SpOG seorang dokter spesialis kandungan yang sudah menolong banyak suami istri mendapatkan momongan sejak 2011, info selengkapnya KLIK DISINI


Leave a reply "Kamu Hamil dan Mengidap Asma, ini 3 Hal yang Patut Diperhatikan"

Author: 
    author