Risiko Kelainan Otot Jantung Pada Ibu Hamil

362 views

Ibu Hamil Bisa Mengalami Kelainan Otot Jantung

Ketika mendengar kata kelainan atau masalah kesehatan, tentu rasa was -was akan segera bergelayutan di dalam pikiran Anda bukan? Apalagi, kalau kelainan ini berhubungan dengan otot jantung.

Hmm, kelainan otot jantung sering kali jadi masalah mengerikan bagi siapa pun. Eits, di tambah lagi kalau yang mengalami masalah kesehatan ini adalah seorang ibu hamil. Tentunya semakin mengkhawatirkan bukan?

Masalah kelainan otot jantung yang terjadi pada ibu hamil sangat patut untuk diwaspadai. Apalagi, risiko kelainan otot jantung ini memang dapat dialami oleh ibu hamil. Penyakit jantung yang perlu diwaspadai ini salah satunya adalah kardiomiopati.

Kardiomiopati ini merupakan penyakit pada otot jantung, beupa melemahnya otot jantung sehingga jantung tidak mampu bekerja secara optimal untuk memompa darah menuju seluruh tubuh.

Kondisi ini sering menjadi risiko bagi ibu hamil pada masa persalinannya. Secara khusus, kelainan otot jantung yang terjadi pada masa persalinan ini disebut kardiomiopati peripartum.

Meski kondisi ini dapat terjadi, beruntungnya kardiomiopati peripartum ini terhitung jarang terjadi. Namun, kondisi ini tetap perlu diwaspadai mengingat penyebab pasti dari kalainan ini masih belum diketahui.

Mengenal aneka jenis kardiomiopati

Sebetulnya, jenis kardiomiopati ini ada bermacam -macam. Salah satu yang perlu kita bahas adalah jenis kardiomiopati dilatasi. Kardiomiopati dilatasi terjadi ketika otot – otot jantung mengalami perenggangan dan penipisan.

Kemudian, kondisi ini menyebabkan ruangan -ruangan jantung melebar atau mengalami dilatasi. Pada akhirnya, keseluruhan otot jantung pun seolah membesar.

Nah, kariomiopati peripartum yang berisiko dialami oleh ibu hamil ini termasuk pada kardiomiopati jenis dilatasi ini. Yang perlu diingat, bentuk kardiomiopati peripartum dan jenis kardiomiopati lain, semuanya berpotensi mengakibatkan komplikasi yang berbahaya.

Misalnya detak jantung tidak teratur, kelainan katup jantung, dan bahkan juga menyebabkan gagal jantung.

Seperti Apa Kardiomiopati Peripartum

Kardiomiopati peripartum sampai saat ini masih terhitung kasus yang jarang terjadi. Namun, beberapa wanita berpotensi mengalami kondisi ini di usia kehamilan tua, masa persalinan, atau beberapa ada yang baru mengalaminya setelah lima bulan masa persalinan.

Sayangnya, penyebab kelainan otot jantung kardiomiopati peripartum ini sampai kini masih belum diketahui secara pasti. Meski begitu, banyak asumsi yang yakin bahwa kondisi ini mungkin disebabkan oleh kinerja otot jantung yang semkain berat sehingga memicu kelainan otot jantung.

Hal ini terkait pada semakin beratnya kinerja otot jantung selama masa kehamilan. Ketika hamil, otot jantung seorang ibu perlu memompa darah 50 persen lebih banyak dari biasanya ketika pada kondisi tidak hamil.

Ekstra darah yang dipompa ini berguna untuk mendukung tumbuh kembang janin. Janin yang sedang bertumbuh di dalam rahim seorang ibu memang membutuhkan tambahan pasokan oksigen dan nutrisi -nutrisi penting.

Cara Mengurangi Risiko Kardiomiopati Peripartum

Bagaimana pun juga, Anda wajib menjaga kondisi janin dan diri Anda sendiri agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Karenanya, Anda pun perlu menghindari risiko terjadinya kardiomiopati peripartum ini. Ya, Anda bisa menghindari berbagai pemicunya untuk mengurangi risiko.

Beberapa pemicu kardiomopati peripartum yang perlu Anda hindari, meliputi :
1. Kebiasaan merokok
2. Mengalami Obesitas
3. Gangguan Diabetes
4. Gangguan tekanan darah tinggi (hipertensi)
5. Kekurangan nutrisi atau mal- nutrisi
6. Mengalami anemia
7. Memiliki riwayat radang otot jantung
8. Hamil terlalu sering pada jarak dekat
9. Kehamilan yang terjadi di atas usia 30 tahun

Untuk bisa hamil, Anda harus dibantu oleh SESEORANG YANG AHLI. Tanpa bantuan seorang ahli, sulit untuk Anda berhasil dalam program hamil. Dokter Rosdiana Ramli, SpOG seorang dokter spesialis kandungan yang sudah menolong banyak suami istri mendapatkan momongan sejak 2011, info selengkapnya KLIK DISINI


Leave a reply "Risiko Kelainan Otot Jantung Pada Ibu Hamil"

Author: 
    author